web widgets

hukum zakat emas bagi wanita

Apakah harus dikeluarkn zakat dari emas yang diproyeksikan wanita hanya sbgai perhiasan dan untk dipakai, bukan untuk diperjual belikan? :::Jawab :: Ada perbedaan pendapat ten tang wajibnya zakat pada per hiasan wanita jika telah men capai nishab dn tdk diproyek sikan untuk prdagangan. Yang benar adlah bahwa harus dike luarkn zakatnya jika telah men capai nishab walaupun hanya untuk dipakai dn hnya sebagai per-hiasan. Nishab emas adalh 20 mitsqal, kadar zakatnya 11 3/7 junaih Saudi. Jika prhiasan itu kurang dr jumlah itu, maka tidak ada zakatnya, kecuali jika diproyeksikan utk prdagangan maka scra mutlk ada zakatnya jika mencapai nishabnya, baik brupa emas maupun prak. Dlil wajibnya zakat pada perhiasan yg berupa emas dn perak yang dialokasikn untuk dipakai adlh keumumn cakupan sabda Nabi Saw
اَم ْنِم
ِبِحاَص
ٍبَهَذ َو
َال ٍةَّضِف
َال
ْيِّدَؤُي
اَهَتاَكَز
َّالِإ اَذِإ
َناَك َمْوَي
ِةَماَيِقلا
ْتَحِّفُص
ُهَل
ُحِئاَفَص
ْنِم ٍراَن
َيِمْحُأَف
اَهْيَلَع
ْيِف ِراَن
َمَّنَهَج
ىَوْكُيَف
اَهِب
ُهُبْنَج
ُهُنْيِبَجَو
َهُرْهَظَو.
Siapa saja yang memiliki emas dan perak lalu tidak dikluarkan zakatnya maka pda hri Kiamat nanti akn dibntangkn baginya lempengn dri api lalu dipnaskn dalam neraka kemudian dahi-dahi mreka, lmbung dan pung gung mereka dibakar dengan-nya. (Al-Hadits). ( HR. Muslim, kitab Az-Zakah (987).) Hadits Abdullh bin Amr bin Al'Ash: ra Bahwa se orang wanita dtang kepada Rasulullah saw, wanita itu bersma putrinya yg menge nakan dua gelang emas yang bsar di tngannya, maka beliau bertanya kepadanya, َأ
َنْيِطْعُت
َةاَكَز
؟اَذَه
Apakah engkau mengeluarkan zakatnya? Wnita itu menjawb,“Tidak.” Beliau bersabda,َأ ِكُّرُسَي
ْنَأ
ِكَرِّوَسُي
ُهللا
اَمِهِب
َمْوَي
ِةَماَيِقلا
ِنْيَراَوِس
ْنِم ؟ٍراَن
Apakh engkau senang bila Allh mengenakan gelang padamu karena kedua gelang tersebut pada hari kiamat nanti dengan dua gelang yang terbuat dari api? Maka wnita itu pun lang sung melepaskn kedua gelang tersebut lalu menjatuhkannya kepad Nabi SAW sambil menga takan, Kedua gelang itu untuk Allh SWT dn RasulNya.( Diriwa yatkan oleh Abu Dawud, kitab Az-Zakah(1563)dan AnNasa'i, ktab A-Zakah (5/38) dengan isnad hasan.)”Hadits Ummu Salamah R.a, ia berkata,“Aku mengenakan gelang- gelang kaki yg terbuat dari emas, lalu aku berkata, Wahai Rasulullah, apakah ini termasuk harta sim panan?’ Beliau menjawab, اَم َغَلَب
ْنَأ
ىَّكَزُي
َيِّكُزَف
َسْيَلَف
ٍزْنَكِب.
Barng apa saja yang telah men capai nishab lalu dikeluarkan zakatnya maka tidak termasuk kanz (hrta simpanan).( Diriwa yatkAn oleh Abu Dawud, kitab Az- Zakah (1564) dan Ad-Daru Quthni sprti itu (2/105), disha hihkan oleh Al-Hakim (1/390).)Beliau tidak mengatakan,Tdk ada zakat pda prhiasn.Adapun riwayat yg mnyebutkan bhwa Nabi SAW mengatakan, Tidak ada zakat pada perhiasan. adlh hadits lemah, tidak boleh digu nakan untuk dipertentangkan dengan yang pokok dan tidak juga dngn hdits- hdits shahih. Hanya Allahlh pmbri petunjuk. ( Masa’il wa Fatawa fi Zakatil Huliy, Al-Lajnah Ad- Da’imah, hal. 20-22. )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BLOG SAHABATKU B*C



HADITS SHAHIH
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَنْحَنِى بَعْضُنَا لِبَعْضٍ قَالَ « لاَ ». قُلْنَا أَيُعَانِقُ بَعْضُنَا بَعْضًا قَالَ لاَ وَلَكِنْ تَصَافَحُوا
Dari Anas bin Malik, Kami bertanya kepada Nabi, “Wahai Rasulullah, apakah sebagian kami boleh membungkukkan badan kepada orang yang dia temui?”. Rasulullah bersabda, “Tidak boleh”. Kami bertanya lagi, “Apakah kami boleh berpelukan jika saling bertemu?”. Nabi bersabda, “Tidak boleh. Yang benar hendaknya kalian saling berjabat tangan” (HR Ibnu Majah no 3702 dan dinilai hasan oleh al Albani).

HITAM DI DAHI PERLU DI WASPADAI
SELAMAT ULANG TAHUN
14 SUMBER BEBERAPA MACAM PENYAKIT
DUA AYAT DI MALAM HARI
TAMBAHAN LAFAD SAYYIDINA
SHALAT YG PALING BERAT DI ANTARA 5 WAKTU
CARA SHALAT BAB BACAAN TASYAHUD AKHIR
LARANGAN MENCACI WAKTU/MASA
UNTUK PARA SUAMI
KESALAHAN KESALAHAN PADA SHALAT JUMA'T
DAHSYAT NYA SURAH AL-IKHLAS
TATA CARA BERDO'A SESUAI TUNTUNAN
PELIHARA JENGGOT ADALAH PERINTAH
BERBAGI CINTA DAN ILMU UNTUK KITA DAN SAHABAT
Terbentuknya Jagat Raya Menurut Pandangan Al-Quran