web widgets

Muhasabh adalah introsveksi diri

Kondisi perkembangn dewasa ini di Indonesia suhu politik yang kian memanas, ekonomi snntiasa Psang srut, fenomena alam seprti gempa, banjir,tnah longsor seolah kita tidk mmpu menolaknya, belum lagi krena mmang ada 'human error' dlm pnglolaan. Smua kjadian dalm keseharian sangat brpngaruh pd kmmpuan kjwaan yg trdiri, kognisi, afeksi dan konasi. Pda sisi kognisi kita dituntut mncri pnylsaian atau problm solving, pada sisi afeksi bgaimana kita mngelola emosi dn pda kndisi dituntut bertindak yang nyata. Untuk itu prlu dicoba menggu nakn pendkatn 'self help' untk mengoptimalkan kemampuan jiwa kita. Maka disinilah mnjdi penting peranan muhasabah. Muhsabh mnurt Ibnu alQayyim brarti brhenti sejenak, disaat kita memiliki lintasn ke inginn mlakukan sesuatu. Pemberhen tian trsbut untuk menim bang dn brpikir, apkh pkrjaan trsbut brguna atau tdk. Semen tara menurt Ibnu Taimiyah berpan dangan bhwa muhasbh disbut juga dengan self critism' atau self interro gation merupakan agnda kgiatn yang dilakukan oleh seseorang setiap hr, stiap saat utk mnlai baik atau burk, benar atau salah. Selain itu jg sbagai bntuk rsa syukur kpada Allh SWt sgla klimpahn krunia Nya dn mmohn ampun segala kesalahan. Muhasabh ini mnjdi sangat pnting kt lakukn sebgai bntuk ketaatan kita kpda Sang Khaliq shngga muhasabah akn memiliki mnfaat dlm khidupan sehari-hari kita diantranya. 1]. Usha utuk meningktkan kmam puan kcerdasn emosional kita seperti sabr dn ikhls. 2]. Mning katkan kemampuan evaluasi diri terhadap apa dan bgaimna hri ini utk menyiapkn hr esok. Sa'id Hawwa1998 mngutip fir man Allah Swt dalam bukunya Tazkiyatun Nafs' tntng keuntu ngan muhasabh yaitu, Hai org orang yng beriman, brtaqwalh kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yng telah diperbuatnya untuk hari esok.(QS. al-Hasyr:18). 3]. Ibarat lampu, muhasabh adlh lmpu yang menerangi dirinya sndiri dngn melalui mengingat kan dn menasehati diri sndiri, sprti firman Allah SWT Sesung guhnya orang yg brtaqwa bila mreka ditimpa was-was, mrka ingt Allh. Maka ketika itu juga mreka melihat kesalahan kesa lhannya (QS. al-A'raf :201).4]. Mmbawa kedamaian dan kete nangan hidp.5]. Terhindar dari distress dn strain exprssed. Itu lah Muhasabh bg khidupn shri hari kita sngat brguna dn sngt brmanfaat sebagai salah satu cara pemecahan masalah, klau kita berikhtiar semua masalah akan bisa diselesaikan dengan baik. Sbagaimana Firman Allah SWT 'Allh tidak akan mmbebni seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya..'(QS. al- Baqarah: 286).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BLOG SAHABATKU B*C



HADITS SHAHIH
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَنْحَنِى بَعْضُنَا لِبَعْضٍ قَالَ « لاَ ». قُلْنَا أَيُعَانِقُ بَعْضُنَا بَعْضًا قَالَ لاَ وَلَكِنْ تَصَافَحُوا
Dari Anas bin Malik, Kami bertanya kepada Nabi, “Wahai Rasulullah, apakah sebagian kami boleh membungkukkan badan kepada orang yang dia temui?”. Rasulullah bersabda, “Tidak boleh”. Kami bertanya lagi, “Apakah kami boleh berpelukan jika saling bertemu?”. Nabi bersabda, “Tidak boleh. Yang benar hendaknya kalian saling berjabat tangan” (HR Ibnu Majah no 3702 dan dinilai hasan oleh al Albani).

HITAM DI DAHI PERLU DI WASPADAI
SELAMAT ULANG TAHUN
14 SUMBER BEBERAPA MACAM PENYAKIT
DUA AYAT DI MALAM HARI
TAMBAHAN LAFAD SAYYIDINA
SHALAT YG PALING BERAT DI ANTARA 5 WAKTU
CARA SHALAT BAB BACAAN TASYAHUD AKHIR
LARANGAN MENCACI WAKTU/MASA
UNTUK PARA SUAMI
KESALAHAN KESALAHAN PADA SHALAT JUMA'T
DAHSYAT NYA SURAH AL-IKHLAS
TATA CARA BERDO'A SESUAI TUNTUNAN
PELIHARA JENGGOT ADALAH PERINTAH
BERBAGI CINTA DAN ILMU UNTUK KITA DAN SAHABAT
Terbentuknya Jagat Raya Menurut Pandangan Al-Quran